OAB (Orientasi Anggota Baru) KPM UNJ 2014 : 14-16 November 2014, STPP Bogor.

Selasa, 06 Agustus 2013

TOT (Training Of Trainer ) 1. "PENGENALAN KIR (Kelompok Ilmiah Remaja)

"PERKENALAN KIR"

Hallo teman-teman KPM’ers, sepertinya tinggal menghitung hari menuju hari Kemenangan bagi umat islam, ya.. (Hari Raya Idul Fitri 1434 H). Hmm pastinya teman-teman sudah merancang agenda liburan untuk berkunjung ke tempat sanak saudara, bahkan sudah ada yang mudik (pulangampung).

Postingan Kali ini mimin akan ngeshare mengenai TOT (Training Of Trainer) salah satu program kerja P2EK (Perencanaan Pengembangan Edukasi & Keilmiahan), TOT (jangan di sambung bacanya) ini merupakan salah satu program rutinnya KPM yang gak.. kalah (kece) dengan NALARI. TOT ini bertujuan Untuk melatih Anggota-anggota KPM UNJ agar mampu menjadi seorang Trainer, pengajar/pembina KIR.
                                                               *KIR????
 
TOT (Training Of Trainer) 1 yang diselenggarakan pada tanggal 22 Maret 2013 pada jam 17.00 di Sekretariat KPM, dengan jumlah peserta 26 orang. Materi perdana ini yaitu mengenai pengenalan KIR, yang akan di sampaikan oleh saudara Helmi Romdhoni, APMP. Tujuan dari kegiatan ini yaitu peserta mengetahui sejarah tentang KIR, birokrasi dan program kerja KIR, tujuan dan manfaat pengajaran KIR bagi fasilitator/pembina, aktivitas yang biasa dilakukan, serta masalah-masalah yang sering ada dalam kegiatan di KIR. Berikut review materi yang bisa diketahui :

KIR merupakan singkatan Kelompok Ilmiah Remaja dan juga Organisasi Ekstrakulikuler yang bergerak di bidang Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Organisasi ini dapat ditunjukkan untuk siswa yang berusia 12-21 tahun. Jenis-jenis dari KIR ada Tingkat Intra Sekolah dan Tingkat Antar Sekolah. Tingkat intra sekolah seperti tingkat SMP dan tingkat SMA. Sedangkan Tingkat antar sekolah yaitu KIRJU, KIRJAS, KIRPUS, KIBAR, PIRAMID, BASIC, FOSCA, dll.

Latar belakang didirikannya KIR yaitu berdasarkan hasil Konferensi Anak - anak Dunia (Children of World Conference) yang diselenggarakan oleh UNESCO (Salah satu Badan / Organisasi PBB yang mengurusi Pendidikan, Iptek, dan Kebudayaan) pada tahun 1963 bertempat Grenobel Perancis. Di Indonesia, LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) memperkenalkan KIR dikalangan sistem pendidikan tahun 1969, dua tahun setelah LIPI berdiri, yakni tahun 1967.

Tujuan KIR didirikan sangat banyak, salah satunya untuk meningkatkan kesadaran tentang peranan IPTEK dalam kehidupan dan pembangunan bangsa. Sedangkan manfaat KIR ada manfaat untuk siswa, guru, maupun sekolah.

Dalam membentuk Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) di tingkat Sekolah, ada beberapa yang perlu dijadikan bahan pertimbangan dan persiapan seperti waktu dan kelengkapan dari organisasi tersebut. Unsur organisasi KIR terdiri dari :

  1. Anggota KIR (siswa yang telah lolos penyelesaian dan pelantikan keanggotaan).
  2. Pengurus KIR (anggota yang mengelola KIR dengan masa waktu max 1 tahun).
  3. Pembina kir (guru yang ditunjuk pihak sekolah untuk mendampingi KIR).
  4. Alumni KIR (anggota yang telah lulus dari sekolah).
  5. Partisipan KIR (pihak luar yang peduli akan aktivitas KIR).

Pendanaan organisasi KIR didapat dari :

  • Iuran Kas KIR.
  • Subsidi dari pihak Sekolah.
  • Donatur.
  • Sponsorship.
  • Fundingship.

Aktivitas yang dilakukan organisasi KIR terdiri dari :

  1. Pengenalan KIR.
  2. Penyelesaian KIR.
  3. Pelantikan KIR.
  4. Pertemuan KIR.
  5. Pelatihan KIR.
  6. Praktikum/Penelitian KIR.
  7. Perlombaan KIR.
  8. Pergantian Kepengurusan KIR.
  9. Program Kerja KIR.
  10. Proyek KIR.

KIR mempunyai beberapa kegiatan pertemuan seperti pertemuan mingguan, pertemuan bulanan, dan pertemuan tahunan. Sedangkan untuk pelatihan diantaranya pelatihan dasar, pelatihan menengah, dan pelatihan mahir. Di setiap kegiatan KIR pasti mempunyai berbagai macam permasalahan, contohnya dalam kaderisasi, kegiatan, koordinasi, dan prestasi.


Dokumentasi Kegiatan

Pemateri dan Ka. Divisi P2EK
penyerahan sertifikat kepada pemateri




4 komentar:

  1. cakep... :D
    salam meneliti .. ;)

    BalasHapus
  2. Meneliti Membangun Bangsa,,

    BalasHapus
  3. hALLO SORE TIM kpm-unj salam kenal dengan saya Eva dr Selaras Outbound mau tanya dong kalau dr KPM -UNJ ada gak yang bisa trainer untuk mengenal dan membimbing bagaiaman membuat Karya ilmiah yang baik dan benar serta merubah mindset kalau KIR itu sebenarnya bukan satu kegiatan yg stressfull tpi satu kegembiraan fun

    BalasHapus