OAB (Orientasi Anggota Baru) KPM UNJ 2014 : 14-16 November 2014, STPP Bogor.

Rabu, 07 Agustus 2013

TOT 2 Micro Teaching

"Micro Teaching"

Marhaban ya ramadhan,, Haii sahabat-sahabat KPM’ers takterasa ya,, bulan ramadhan ini hampir selesai, nanti malm tinggal nungguin hasil pengumuman sidang isbad, untuk memastikan besok lebaran. 
Hmmm besok jadi lebaran gak ya?? *hihihi. 

 Oh’a KPM’ers mimin mau sharing-sharing lagi nih tentang TOT (jangan disambung bacanya) Kegiatan TOT yang kedua ini membahas mengenai micro teaching yang dilaksanakan pada tanggal 19 April 2013 jam 17.00 di Sekretariat KPM. Dengan pemateri salah satu alumni KPM UNJ yaitu saudara Muhammad Pauji, S.Pd..
nahh ini dia pemateri kita,
Muhammad Pauji, S.Pd..

Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 25 orang. Kegiatan TOT tentang micro teaching ini bertujuan untuk menanamkan rasa percaya diri terhadap calon fasilitator saat memberikan materi untuk peserta didik di KIR SMP maupun SMA serta mengaplikasikan bagaimana membuka materi sampai menutup pertemuan dengan baik. 

Review dari materi micro teaching : 
Micro Teaching merupakan suatu kegiatan mengajar dimana segalanya diperkecil atau disederhanakan. Dan dapat digunakan dalam pendidikan pre service maupun pendidikan in service. Tujuan micro teaching salah satunya mengembangkan kemampuan mawas diri dan menilai orang lain. Terdapat beberapa keterampilan dalam melakukan micro teaching dan langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan, yaitu.
  1. Keterampilan membuka pelajaran. yaitu : Memperhatikan sikap dan tempat duduk dan memulai pelajaran setelah siswa, Memulai pelajaran setelah nampak siswa siap belajar, Cara mengenalkan pelajaran cukup menarik, Mengenalkan pokok pelajaran dengan menghubungkan pengetahuan yang sudah diketahui oleh siswa (apersepsi), Hubungan antara pendahuluan dengan inti pelajaran nampak jelas dan logis.
  2. Keterampilan memberi motivasi. Yaitu : Mengucapkan ‘baik”, bagus, ya, bila siswa menjawab/ mengajukan pertanyaan, Ada perubahan sikap non verbal positif pada saat menenggapi pertanyaan/ jawaban siswa, Memuji dan memberi dorongan dengan senyum, anggukan atas partisipasi siswa, Memberi tuntunan pada siswa agar dapat memberi jawaban yang benar, Memberi pengarahan sederhana dan pancingan, agar siswa memberi jawaban yang benar.
  3. Keterampilan bertanya yaitu : Memberikan pertanyaan secara merata diantara para siswa dan teknik menunjuk yang memungkinkan seluruh siswa siap, Pertanyaan ditunjukan keseluruhan kelas lebih dahulu, baru menunjuk, Guru menggunakan teknik -pause- dalam menyampaikan pertanyaan.
  4. Keterampilan menerangkan yaitu : Menggunakan contoh, ilustrasi, analogi, dan semacamnya menarik perharian siswa, Memperhatikan dengan sungguh-sungguh respon siswa yang berupa pertanyaan, reaksi, usul dan semacamnya, Menjelaskan respon siswa, sehingga siswa menjadi jelas dan mengerti.
  5. Keterampilan mendayagunakan media yaitu guru terampil menggunakan media dan memilih media yang sesuai.
  6. Keterampilan menggunakan metode yang tepat yaitu menggunakan metode yang telah memenuhi atau mengikuti sistematika metode tersebut dan juga menguasai penggunaan metode tersebut.
  7.  Keterampilan penampilan non verbal yaitu suara guru cukup bervariasi, lemah dan keras. Menggunakan isyarat tangan, badan, dan wajah cukup bervariasi.
  8. Keterampilan penjajagan/assesment a. Menaruh perhatian kepada siswa yang mengalami kesulitan. b. Mencari/melakukan apa yang menjadi sumber terjadinya kesulitan. c. Melakukan kegiatan untuk mengatasi/menunjukan kesulitan siswa.
  9. Keterampilan menutup pelajaran yaitu : Dapat menyimpulkan pelajaran dengan tepat, Dapat menggunakan kata-kata yang dapat membesarkan hati siswa, Dapat menimbulkan perasaan mampu ( sense of achievment) dari pelajaran yang diproleh, Dapat mendorong siswa tertarik pada pelajaran yang telah diterima. 
Dokumentasi kegiatan Micro Teaching



Tidak ada komentar:

Posting Komentar