OAB (Orientasi Anggota Baru) KPM UNJ 2014 : 14-16 November 2014, STPP Bogor.

Senin, 28 Oktober 2013

Pengabdian Masyarakat (Vertikal Garden).

Pengabdian Masyarakat (Vertikal Garden).


Kelompok Peneliti Muda UNJ, telah selesai melaksanakan salah satu program kerja dari Divisi P2EK (perencanaan Pengembangan Edukasi dan Keilmiahan), salah satu program tersebut adalah Pengabdian Masyarakat.

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 14 September 2013 di desa tambora RT 01 RW 10 Kelurahan angke. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memanfaatkan lahan yang sempit agar dijadikan sebuah taman dalam bentuk vertical. Sehingga program ini mempunyai manfaat memperindah lingkungan, memanfaatkan lahan sempit, dan khasiat dari tanaman ini bisa dirasakan oleh warga.
Acara dilaksanakan pada hari sabtu semua peralatan yang dibutuhkan sudah siap. Lalu kami memulai keberangkatan pukul 08.00 WIB dengan panitia berjumlah sekitar 20 orang. Perjalanan cukup jauh sehingga menempuh waktu kurang lebih 90 menit untuk tiba di lokasi. Sesampainya dilokasi, kami langsung membagi tugas sesuai jobdesk yang diberikan kepada masing-masing panitia. Kemudian acara dimulai pada pukul 09.30 WIB dan Kepala Divisi P2EK yaitu Neo Dinastian Onsalis sebagai ketua pelaksana memberikan sambutan pertama, kemudian sambutan dari Fadilla Nuraini sebagai Ketua Umum KPM UNJ 2013-2014, setelah itu sambutan dari ketua RW dan RT setempat.


Selanjutnya Acara diserahkan kepada saudara Maulidia Ahmad sebagai pemateri untuk menyampaikan beberapa manfaat menanam, dan mempunyai pola hidup sehat dan bersih. Selanjutnya setelah pemateri menyampaikan Materi, ketua pelaksana menyampaikan bagaimana cara membuat vertical garden sederhana kepada warga setempat. Kemudian acara dilanjut kedalam sesi praktek. Sebelum praktek, warga dibentuk beberapa kelompok, dan pada saat itu terbentuk 5 kelompok yang terdiri dari 5-7 orang. Setelah pembagian kelompok maka para peserta/warga diberikan alat dan bahan untuk membuat vertical garden. Para peserta berkerja tidak sendiri karena tetap dalam pengawasan panitia. Proses pembuatan vertical garden sederhana berjalan dengan lancar.




Selanjutnya setelah vertical garden sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah instalasi pada lahan yang sempit. Lahan yang kami gunakan adalah tembok pembatas kali banjir kanal barat sebagai penopang dari vertical garden. Setelah pengerjaan instalasi yang cukup rumit, akhirnya terpasang juga vertical garden sederhana buatan warga yang siap di isi dengan media tanam. Sebelum pemasangan media tanam para warga dipersilahkan untuk beristirahat makan dan sholat dzuhur.


Setelah ISHOMA, para warga berkumpul lagi untuk memasukan tanah dan tanaman kedalam media tanam pada vertical garden. Media tanam yang kami gunakan adalah botol air mineral 1,5 liter. Setelah tanah dimasukan kedalam media tanam, maka tahap terakhir adalah penanaman tanaman yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Setelah penanaman selesai dilanjut dengan penyiraman dan rangkaian acara pun berakhir.






Sebelum izin untuk pulang, kami panitia pengmas mengucapkan terima kasih kepada ketua RW dan RT karena telah memberikan izin dan menyambut kami dengan baik. Kami kemudian melakukan sesi foto dengan para warga, RT dan RW di desa tambora RT 01 RW 10 kelurahan Angke Jakarta Barat.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar