OAB (Orientasi Anggota Baru) KPM UNJ 2014 : 14-16 November 2014, STPP Bogor.

Senin, 13 Januari 2014

OAB 2013

 Orientasi Anggota Baru (OAB) 2013

OAB merupakansalahsatuproker PSDA yang bertujuan untuk mengkaderisasi calon anggota baru sehingga dapat ditemukan generasi baru yang cerdas, kreatif, inovatif dan berkualitas khususnya dibidang penalaran dan penelitian. OAB juga diadakan sebagai proses pengkaderan dan regenerasi KPM.
Tujuan lainnya adalah anggota baru mampu melakukan observasi, sebelum dilakukan Orientasi Anggota Baru (OAB) calon anggota diberi bekal berupa materi-materi berkaitan dengan penelitian. Materiini diberikan pada rangkaiana cara Pra-OAB.
KegiatanPra OAB di lakukan beberapa hari secara bertahap, yaitu :

PRA- OAB 1 (11 Oktober 2013) 
"Pengenalan Organisasi KPM,  sejarah KPM, visimisidankesekretariatan KPM.

Dalam pra oab pertama peserta di awali dengan pengenalan kegiatan di KPM oleh pada BPH dan Kadiv.. Setelah itu peserta di bagi ke dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 5-6 orang untuk mengikuti pengenalan organisasidansejarah KPM. Metode yang digunakanyaitupos to pos. Terdapat 5 pos yang  terdiri dari pos PSDA, pos P2EK, pos HIK, pos P2P, dan pos BPH & Anggota.
Tiap pos memiliki ciri khasnya masing-masing sesuai dengan tugas kerja divisinya. Setiap kadiv. menjadi penanggung jawab tiap posnya. Peserta dituntut untuk aktif. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar para pesertamengetahui lebih dalam mengenai KPM, sesuai pepatah yang mengatakan bahwa “Jika tak kenal maka tak sayang”. Kegiatan berjalan lancar dan sangat meriah..




Pra-OAB 2 (18 Oktober2013) "Motivasi Penelitian dan Debat"

Pada pra-OAB ke 2 kegiatan berlangsung di sekretariatan kpm, yaitu penyampaian materi motivasi penelitian yang di sampaikan oleh pembicara Sudharno Dwi Yuwono, APMK. Materi disampaikan dengan menggunakan metode ceramah, dan Tanya jawab serta simulasi. Tujuannya adalah sebagai indicator apakah peserta termotivasi oleh pembicara. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan debat. Debat dilakukan antara peserta Oab dan Anggota KPM dengan tema debat “Penelitian itu tidak penting untuk mahasiswa tingkat 1”. Peserta Oab Kontra, sedangkan anggota dan pengurus pro. Perdebatan terjadi cukup menarik. Banyak pendapat yang muncul dari peserta Oab. tujuan diadakannya debat ini adalah untuk memacu keberanian dan berpikir kritis anak-anak calon anggota KPM UNJ.






Pra-OAB 3 (25 Oktober 2013) "Materi BAB I - BAB III serta pembagian kelompok dan mentor"


Praoabke 3 dilakukan di sekretariat KPM UNJ dengan pembicara Sandra Masduroh, APMM. Materi kali ini bertujuan untuk memaparkan dan menjelaskan bagaimana cara membuat proposal penelitian, point-point apa saja yang harus ada, dan sistematika proposal penelitian secara umum.Setelah itu ada pembagian kelompok dan mentor untuk pelaksanaan kegiatan OAB nantinya.


Pra-OAB 4 (1 November 2013) "Presentasi Proposal Penelitian"

PraOAB 4diadakanuntukpresentasi proposal penelitian. Tujuannya adalah agar penelitian yang dilakukan saat OAB sudah benar, dan tidak banyak revisian. Panelis Pra OAB 4 terdiri dari 3 orang, yaitu Azmi Muhamad Iqbal, APMM, Umar Hasan, APMM, dan taufik triadi APMP. Panelis memberikan komentar dan saran terhadap proposal penelitian, metodologi penelitian, dan cara kerja saat penelitian berlangsung. Rata-rata dari masing-masing kelompok sudah baik dalam membuat proposal penelitian hanya saja masih harus diperdalam lagi mengenai metodologi penelitian.




OAB (8-10 November 2013)

Kegiatan Orientasi AnggotaBaru (OAB) dilaksanakan pada tanggal 8-10 November2013 yang berlokasi di Villa 99, Parakansalak, Sukabumi. Pelaksanaan OAB di laksanakan oleh Panitia dari anggota KPM UNJ angkatan 2012, 2011, dan 2010 yang di bantu olehseluruhwarga KPM UNJ. Kegiatan OAB ini diikuti oleh 46 peserta dari 98 orang yang mendaftar.
Pada hari pertama keberangkatan, kami berangkat pada pukul 20.30 WIB dantiba di lokasi pada pukul23.30.Perjalanan yang cukup lama ini dikarenakan oleh lokasi yang cukup jauh dan ada perbaikan jalan sehingga menyita waktu perjalanan. Hari  pertama hanya diisi dengan pembacaan tatatertib dan pengenalan panitia OAB KPM UNJ 2013. Pada  hari kedua, 9 November 2013, peserta diberi materi teknik observasi dan wawancara oleh Fadilla Nuraini, APMM (Ketua KPM Periode 2013/2014), lalu mereka melakukan observasi penelitian sesuai dengan judul masing-masing kelompok. Setelah selesai melakukan observasi, para peserta mengerjakan hasil penelitian bab4 dan bab 5 nya, serta PPT untuk presentasi hasil penelitian. Pada pukul 15.00 WIB ada materi dari alumni kita, Bang Agus mengenaik teknik presentasi. Tujuannya adalah agar peserta OAB bisa mendapatkan ilmu tentang bagaimana presentasi yang baik dihadapan umum. Lalu mereka mempresentasikan hasil penelitian mereka tiap-tiap kelompok, dengan 3 orang panelis yaitu : Kak Ilham (Alumni KPM), Bang Agus (Alumni KPM), dan Ka Cendra (Purna Dewan KPM). Pada hari ketiga, 10 November 2013 diadakan jurit malam, api unggun (penampilan lomba angkatan yang dimenangkan oleh angkatan 2010), out bond, pemilihan peserta dan kelompok terbaik, pelantikan anggota sementara serta pengangkatan anggota KPM yaituRetno Handayani dan Deny Kuswanto menjadi pengurus.
Setelah OAB selesai, anggota baru mengikuti beberapa rangkaian Pasca OAB untuk memperdalam pengetahuan mereka mengenai penelitian. Materi yang diberikan pada saat Pasca OAB yaitu Cara pembuatan bel Paralel, Public Speaking, D’Cendol, dan berada dalam kepanitian Family Day dan RUAT.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar