OAB (Orientasi Anggota Baru) KPM UNJ 2014 : 14-16 November 2014, STPP Bogor.

Senin, 13 Januari 2014

Pelatihan & Lomba PKM UNJ 2013

PKM

(PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA)

UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

PKM (Program Kreativtas makasiswa) Universitas Negeri Jakarta adalah salah satu program kerja dari UKM Kelompok Peneliti Muda Universitas Negeri Jakarta yang bertujuan untuk melatih para mahasiswa Universitas Negeri Jakarta dalam membuat PKM untuk mewujudkan UNJ go PIMNAS. Kegiatan ini dibag menjadi 2 yaitu pelatihan dan lomba.

Pelatihan PKM UNJ dilaksanakan pada tanggal 28 September 2013 di lantai 9 gedung sertifikasi guru UNJ. Acara ini dihadiri oleh 2 orang pembicara yaitu Alhara Yuwanda, S.Pd selaku alumni UNJ dan juga merupakan alumni UKM KPM UNJ dan Ir. Agustin Wydia Gunawan, M.S. selaku perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Negara  Kesatuan Republik Indonesia.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Master of Ceremony (MC) jam 09.00 WIB dan dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pelaksana yaitu Firdaus Santosa, APMP., Ketua Umum UKM KPM UNJ yaitu Fadilla Nuraini, APMM., dan Perwakilan Pembantu Rektor III Bapak Syamsi, S.Pd. sekaligus membuka acara.

Selanjutnya acara dilanjukan dengan materi pertama yaitu Urgensi PKM dan Idea Explorer yang dibawakan oleh pembicara pertama yaitu Alhara Yuwanda, S.Pd. acara berlangsung secara kondusif dimana pembicara dapat mebawakan materi dengan baik. Semua peserta juga antusias terhadap materi dan sangat tertarik dengan materi yang disajikan. Pada materi pertama berjalan selama 2 jam, mulai dari jam 09.30 WIB sampai 11.30 WIB dengan jumlah peserta sebanyak 200 orang mahasiswa UNJ.

Selesai materi pertama, dilanjutkan dengan sharing dari mahasiswa yang berhasil pergi ke PIMNAS tahun 2013 yaitu Ahmad Mukrim an kawan-kawan. Para peserta juga terlihat antusias, dimana mereka seperti memiliki semnagat untuk melanjutkan estafet untuk pergi ke PIMNAS ditahun selanjutnya. Acara berlangsung selama 30 menit, mulai dari jam 11.30 WIB sampai 12.30 WIB. Dengan peserta 200 orang mahasiswa UNJ.
Setelah itu dilanjutkan dengan istirahat selama satu jam, mulai dari jam 12.00 WIB sampai jam 13.00 WIB. Dan setelah istirahat dilanjutkan dengan materi kedua.

Materi kedua di mulai jam 13.00 WIB oleh pembicara yaitu Ir. Agustin Wydia Gunawan, M.S. dengan materi Teknik penulisan pada PKMT, PKMK, PKMM, PKMP dan PKMKC. Acara berjalan kondusif dimana peserta terlihat antusias terhadap materi yang disampaikan. Materi kedua berjalan selama 2 jam dimulai dari jam 13.00 WIB sampai jam 15.00 WIB dengan jumlah peserta sebanyak 200 orang mahasiswa UNJ.

Setelah materi kedua selesai maka selesailah acara pelatihan PKM UNJ ini. Acara ditutup dengan do’a dari saudara salomoan dan sebagai wujud tindak lanjut setelah acara pelatihan PKM UNJ, maka KPM UNJ dengan kerjasama dari pihak rektorat UNJ mengadakan Lomba PKM tingkat Universitas Negeri Jakarta.

Selanjutnya Lomba PKM tingkat UNJ dilaksanakan dengan pengumpulan berkas mulai dari tanggal 1 Oktober 2013 sampai tanggal 26 Oktober 2013. Selanjutnya dilakukan penilaian selama 2 minggu mulai dari tanggal 27 Oktober 2013 sampai tanggal 10 November 2013. Acara lomba dilanjtkan dengan pengumuman 10 besar dari jumlah peserta sebanyak 34 peserta pada tanggal 12 November 2013.

Pada tanggal 15 November 2013 peserta 10 besar akan bertarung memperebutkan Juara 1, 2, dan 3. Acara ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dan diawali pembacaan ayat suci Al Qur’an, sambutan Ketua Umum KPM UNJ yaitu Fadilla Nuraini APMM dan perwakilan dari pihak Rektorat yaitu Bapak Syamsi, M.Pd sekaligus membuka acara.

Setiap peserta diberikan waktu 20 menit dengan rincian 10 menit presentasi dan 10 menit tanya jawab dari panelis. Panelis terdiri dari 3 orang yang merupakan gabungan dosen dari 3 fakultas di UNJ yaitu Bapak Massus Subekti, M.T dari Fakultas Teknik; Bapak (saya lupa) dari Fakultas Ilmu Pendidikan dan Ibu Eka dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Acara berakhir pada pukul 13.00 WIB setelah 10 peserta selesai melakukan presentasi di depan panelis. Setelah itu dilanjutkan dengan mengumpulkan nilai dan merekapnya sampai selesai. Setelah direkapitulasi dan dirapatkan dengan panelis, maka didapatlah juara dari lomba PKM UNJ tersebut. yaitu :

  • Juara I Maulidia Achmad R. dkk. dengan PKM yang berjudul Aktivitas Anti Bakteri Ekstrak Daun dan Kulit Batang Saninten (Castanopsis Argenka).
  • Juara II Apri Wiyono dkk. dengan PKM yang berjudul Pemanfaatan Kalor Gas Buang pada Kendaraan Bermotor Pedagang Makanan Keliling.
  • Juara III Gustaf Geysbert L dkk. dengan PKM yang berjudul GREENAGE sebagai Sistem Penghijauan dan Peminimalisir Sampah pada Saluran Air.

Setelah pengumuman pemenang, maka selesailah rentetan acara PKM UNJ 2013. Acara ditutup dengan do’a yang dibawakan oleh saudara salomoan, APMM.

Created By : Amrul Mukmin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar