OAB (Orientasi Anggota Baru) KPM UNJ 2014 : 14-16 November 2014, STPP Bogor.

Senin, 13 Januari 2014

Seminar Hasil Penelitian (SHP)


Seminar Hasil Penelitian
Kelompok Peneliti Muda Universitas Negeri Jakarta


·           Nama kegiatan
‘Seminar Hasil Penelitian Kelompok Peneliti Muda Universitas Negeri Jakarta”

·           Waktu kegiatan : Sabtu, 23 November 2013
·           Tempat kegiatan: Ruang Serba Guna Fak. Ilmu Sosial UNJ
·           Jumlah peserta: 56 orang

·           Pemateri/narasumber/pengisi acara
Tim Peneliti KPM beranggotakan 8 orang:
1.   Tia Widiastuti, APMM
2.  Nugroho Windu Hadi, APMM
3.  Retno Handayani, APMM
4.  Manarul Hidayah, APMP
5.  M. Aldy Mauludin, APMP
6.  Pratiwi Phuspita N., APMP
7.  Gigih Lukma P, APMP
8.  Dwi Oktaviani, APMP

·           Materi/Review Materi/Deskripsi acara
“Pemanfaatan Selulosa Limbah Kulit Durian (Durio zibethinus) sebagai Bahan Baku Pembuatan Kertas”




Seminar Hasil Penelitian KPM UNJ 2013

Sabtu, 23 Novembet 2013

Di bawah naungan divisi P2P (Perencanaan Pengembangan Penelitian), Seminar Hasil Penelitian (SHP) Kelompok Peneliti Muda Universitas Negeri Jakarta diselenggarakan sebagai bentuk publikasi penelitan-penelitian yang telah dilakukan oleh anggota, pengurus, purna dewan maupun alumni KPM UNJ berupa poster maupun presentasi hasil penelitian. Tahun ini, Seminar Hasil Penelitian KPM UNJ sukses dilaksanakan pada tanggal 23 November 2013 di Ruang Serba Guna Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNJ. Bertemakan “Cintai Lingkungan dengan Penenlitian”, seminar hasil penelitian ini juga merupakan bentuk follow up dari Program Pendanaan Penelitian Kelompok Peneliti Muda (P3KPM) UNJ dengan penelitian yang berjudul “Pemanfaatan Selulosa dari Limbah Kulit Durian (Durio zibethinus) sebagai Bahan Baku Pembuatan Kertas”.
Acara dibuka secara simbolis oleh Ketua Umum KPM UNJ periode 2013/2014 yakni Fadilla Nuraini, APMM serta sambutan dari ketua pelaksana SHP KPM UNJ 2013 yakni Deny Kuswanto, APMP.



Rangkaian acara Seminar Hasil Penelitian (SHP) KPM UNJ 2013 meliputi pemutaran Video Profil Kelompok Peneliti Muda (KPM), Film Penelitian, Presentasi Hasil Penelitian, Sesi Diskusi dan Tanya Jawab, Penyerahan Piagam Penghargaan, serta Penutupan dan Doa. Seminar kali ini dimoderatori oleh sdr. Sudharno Dwi Yuwono, APMK, dimana beliau pernah menjabat sebagai Ketua Umum KPM UNJ periode 2011/2012. Presentasi hasil penelitian “Pemanfaatan Selulosa dari Limbah Kulit Durian (Durio zibethinus) sebagai Bahan Baku Pembuatan Kertas” dibawakan oleh tim peneliti yang terdiri dari 8 orang yakni :

1.     Tia Widiastuti, APMM selaku Ketua tim peneliti
2.    Nugroho Windu Hadi, APMP (anggota)
3.    Retno Handayani, APMM (anggota)
4.    Manarul Hidayah, APMP (anggota)
5.    Gigih Lukma P., APMP (anggota)
6.    M. Aldy Mauludin, APMP (anggota)
7.    Dwi Oktaviani, APMP (anggota)
8.    Pratiwi Phuspita N., APMP (anggota)

Seminar Hasil Penelitian dengan bidang kajian sains ini ternyata cukup banyak menarik minat mahasiswa. Acara ini dihadiri oleh 56 orang mahasiswa yang tidak hanya berasal dari Universitas Negeri Jakarta saja, tetapi juga berasal dari Universitas lainnya. Peserta yang hadir merupakan mahasiswa yang berasal dari berbagai bidang disiplin ilmu diantaranya sastra, teknik, pendidikan, sosial, dan sains. Meskipun tidak seluruh peserta berasal dari mahasiswa departemen sains, namun antusiasme yang diberikan cukup tinggi, dilihat dari banyaknya peserta yang aktif bertanya maupun memberikan saran pada sesi diskusi dan tanya jawab.







          Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan kepada sdr. Sudharno Dwi Yuwono, APMK oleh ketua pelaksana, serta penghargaan kepada tim Peneliti dan Dosen Pembimbing Penelitian, Ibu Dr. Fera Kurniadewi, M.Si. oleh sdr. Arief Subiyandono, APMK (pernah menjabat sebagai Ketua Umum KPM UNJ periode 2010/2011). Tak lupa, acara dimeriahkan dengan pemberian doorprize kepada para peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dari panitia dan kemudian acara ditutup dengan doa.
          (dokumentasi pemberian doorprize dan penutupan)






Melalui kegiatan seminar hasil penelitian ini diharapkan supaya informasi-informasi dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh rekan-rekan Kelompok Peneliti Muda UNJ dapat tersampaikan serta dapat memberikan manfaat bagi warga  Universitas Negeri Jakarta khususnya, dan masyarakat luas pada umumnya.



By : Retno Handayani, APMM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar