OAB (Orientasi Anggota Baru) KPM UNJ 2014 : 14-16 November 2014, STPP Bogor.

Selasa, 21 Januari 2014

TOT 8 STELLARIUM

Assalamualaikum Wr.Wb, Salam hangat P2EK untuk KPM’ers dimanapun kalian berada.
Pada kesempatan ini kami akan me-review kembali TOT yang ke- 8.
Yang dilaksanakan pada :

Tanggal           : 13 Desember 2013
            Tempat           : KPM UNJ (Gd. G Lantai 1 Ruang 105)
            Waktu            : 16.30 s/d Selesai
Materi            : Stellarium
            Peserta           : 21 Orang
                                     
Di mana pada pertemuan kali ini adalah pemberian materi tentang Stellarium. Stellarium ini berasal dari dua kata yaitu Stella yang berarti bintang, dan Ium yang berarti menunjukkan tempat. Sedangkan istilah dari stellarium ini sendiri merupakan suatu software komputer ataupun android yang bisa digunakan sebagai miniatur galaxy yang sedang kita pijak (bumi) serta bisa juga galaxy lainnya yang bisa terlihat di stellarium ini berupa planet-planet luar angkasa. Stellarium ini merupakan aplikasi virtual antariksa yang berbasis open sources dan software ini bisa didownload di beberapa situs-situs tertentu. Oh iya sebelumnya sang moderator yang atraktif (Monica) memperkenalkan terlebih dahulu pemateri kita kali ini, pemateri yang sangat menarik dan interaktif disampaikan oleh Hikmah Ikhtiarini, APMP. Pemateri kita kali ini berasal dari Fakultas Ilmu Sosial tepatnya di jurusan Geografi. Wahh pasti pemateri sudah tidak asing lagi nih dengan Stellarium ini.

Sebelum masuk materi seputar fungsi dari stellarium ini pemateri menjelaskan terlebih dahulu fitur-fitur yang terdapat pada stellarium (tools yang umum digunakan) yaitu:
1.      Konfigurasi Tanggal dan Waktu
2.      Jendela Opsi Langit dan Pandangan
3.      Jendela Pencarian
4.      Jendela Lokasi
5.      Jendela Konfigurasi
6.      Jendela Bantuan

Dari beberapa tools tersebut terdapat sub-sub yang nantinya kita akan memahami tersendiri fungsi dari tools-tools yang ada di dalamnya. Kemudian fungsi dari stellarium ini sendiri teh cukup banyak, diantaranya:
ü  Menetapkan waktu sholat
ü  Menetapkan awal puasa
ü  Menetapkan hari raya idul fitri
ü  Melihat galaxy-galaxy yang terdapat di luar angkasa
ü  Melihat gerhana matahari
ü  Melihat gerhana bulan
Dan masih banyak lagi fungsi dari stellarium ini, yang pasti seru banget bermain stellarium ini apalagi untuk para pecinta astronomi. 
Setelah pemberian materi selesai barulah moderator (Monica) memberikan kesempatan bertanya (sesi tanya jawab) untuk peserta, di saat itu peserta pun ramai mengajukan pertanyaan kepada pembicara dikarenakan peserta lebih banyak berasal dari luar jurusan geografi yang masih awam dalam hal astronomi.

Setelah sesi tanya jawab selesai, barulah moderator (Monica) menawarkan kepada peserta untuk menginstall stellarium. Setelah peserta yang membawa laptop selesai menginstall, pemateri menugaskan kepada mereka untuk mencoba tools-tools yang terdapat pada stellarium kemudian presentasikan fungsi dari masing-masing tools tersebut. Peserta terlihat sangat antusias dalam menggunakan stellarium ini, terlihat beberapa peserta sedang asyik membuka tools seni rasi bintang dan garis seni rasi bintang.


Dokumentasi kegiatan STELLARIUM




Tidak ada komentar:

Posting Komentar